Sunday 26 June 2016

Mulai Tahun 2017 Motor Motogp Dilarang Pakai Winglet

Motorjipi.com -  Tahun 2016 ini kita sudah tidak heran melihat keanehan yang terlihat di kelas Motogp. Pabrikan memakai tambahan sayap di bagian depan motor prototipe mereka atau yang lebih dikenal dengan kata "winglet". Dan walaupun secara visual tampilan motor menjadi aneh, dan secara teknis tidak memberikan dampak yang begitu besar, tapi banyak motor yang menggunakannya.

Yamaha YZR-M1 Lorenzo dengan Winglet
Awalnya di tahun 2015 lalu, motor Ducati Dovizioso mulai memakai sayap aerodinamis ini ya walaupun sebenarnya sayap ini sudah ada sejak Motogp 1999 lalu saat tim Marlboro Yamaha GP500 juga memakainya. Dan ditahun 2016 hampir semua motor punya desain dan gaya tersendiri untuk pengaplikasiannya.

Tapi, penggunaan winglet ini juga menjadi kontroversi, Dani Pedrosa salah satu rider yang sempat memberikan protes. Dan akhirnya tepat tanggal 25 Juni 2016 kemarin pihak promotor Motogp Dorna memberikan peraturan regulasi baru jika mulai tahun depan yakni Motogp 2017, penggunaan winglet Motogp dilarang!

Hal ini mengikuti peraturan serupa yang diterapkan dikelas Moto2 dan Moto3. Wah, apa tanggapan pabrikan dan tim dengan peraturan baru seperti ini? kita lihat saja efeknya nanti. (asp)

No comments:

Post a Comment

kirim komentar anda disini

Harga Yamaha Vixion 2019 Termurah Rp. 26jutaan, Punya 6 Warna Baru Ada Yang Warna Kuning

Motorjipi.com - Selang beberapa lama setelah merilis Honda CB150R 2018 , PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menyambutnya...