Friday 16 September 2016

Ternyata All New Satria F150 Lebih Laris dari Sonic 150R?

Motorjipi.com - Lebih dari 1 dekade lebih ayago Suzuki mengaspal di tanah air, Suzuki Satria F150, imej motor bebek kencang terpatri dalam mindset biker ditanah air, hingga akhirnya di tahun kemarin produk andalan Suzuki ini mendapat lawan seimbang dari pabrikan Honda yakni dengan kunculnya Honda Sonic 150R. Hal ini memaksa Suzuki harus mengupgrade spek mesin yang dipertahankan selama 10 tahun terakhir juga perubahan tampilan menjadi harga mati bagi Suzuki supaya mempertahankan titel raja bebek sport ayago di tanah air.

Honda Sonic 150R vs Satria F150 injeksi
Dan setelah munculnya All New Satria F150 pada awal tahun lalu, kini ada 2 ayago berperforma hebat ditanah air, masing masing memiliki keunggulan juga karakter yang berbeda, begituja kelebihan dan kekurangan(Baca juga : Pilih mana Sonic atau Satria FU injeksi ). Lihat juga artikel perbandingan performa kedua motor ini di artikel :


Dan sekarang kita bahas dari segi penjualan, kira-kira kedua bebek super bersuspensi depan ala motor sport ini mana yang paling laris ya???
Oke, jika dihitung sejak awal kemunculannya, Sonic 150R lebih dulu hadir daripada Satria FU injeksi yang rilis pada bulan ke-2 tahun 2016 ini, namun jika dihitung kedua produk ini secara dari Januari hingga Agustus 2016 kemarin ternyata angka penjualan Satria lebih unggul daripada Sonic. Kita bisa lihat datanya pada tabel dibawah ini :


Dari data yang dishare Kompas otomotif diatas kita bisa lihat perbandingan data penjualan dari Satria, Sonic juga MX-King vs Supra GTR, tapi khusus pada artikel ini kita hanya bahs kedua produk ayago saja. Selama 8 bulan terkahir angka Satria FU injeksi terjual sebanyak 29.729 unit, sedangkan Sonic hanya 25.697 unit saja. Nah, jika da pertanyaan, kok penjualan bulan Januari dihitung? Oke, kita hapus saja data penjualan Satria pada bulan Januari, dan fix dihitung mulai pada awal rilis Satria di bulan Februari, dan hasilnya... Angka penjualan Satria injeksi ini masih unggul dengan angka 26.753 vs 23.636 unit untuk Honda Sonic selama 7 bulan terakhir(dari Februari hingga Agustus 2016). Namun walaupun begitu, data penjualan di bulan Agustus 2016 kemarin, perbandingan angka penjualan keduanya sangatlah tipis yakni Sonic sebanyak 5.400 unit sedang Satria hanya 5.385 unit saja.

Kenapa ini bisa terjadi, karena pasti pembaca berkomentar, kok sampai saat ini ayago Suzuki ini belum terlihat dijalanan? Oke, banyak faktor, pertama karena data diatas adalah data Whole Sale atau data pendistribusian dari pabrikan ke Main dealer, jadi bukan langsung ke konsumen, kedua mungkin karena distribusi belum merata ke daerah dan hanya terfokus di kota besar, CMIIW. Tapi, mungkin pembaca bisa berikan jawaban dan pendapatnya monggo berikan komentarnya. Terimakasih, semoga berguna...(asp)

No comments:

Post a Comment

kirim komentar anda disini

Harga Yamaha Vixion 2019 Termurah Rp. 26jutaan, Punya 6 Warna Baru Ada Yang Warna Kuning

Motorjipi.com - Selang beberapa lama setelah merilis Honda CB150R 2018 , PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menyambutnya...