Sunday 16 October 2016

Cari Motor Bebek Irit? Yamaha Jupiter Z1 Aja... Bisa 55km per liter!

Motorjipi.com - Motor Irit? Itu pasti menjadi poin penting yang menjadi penentu pilihan Anda ketika akan membei produk sepeda motor. Di jaman yang membutuhkan efisiensi disegala macam hal, motor yang tidak terlalu menguras dompet selalu menjadi pilihan favorit, tentu banyak sekali motor irit di Indonesia, karena pabrikan juga sekarang berlomba-lomba memproduksi motor irit namun juga dengan performa yang lumayan. Nah buat pemirsa yang sedang mencari referensi motor irit, terutama motor yang berjenis bebek, Yamaha Jupiter Z1 bisa menjadi alternatif bagi pemirsa.

Yamaha Jupiter Z1

Kenapa harus Jupiter Z1?
Karena salah satu pembaca blog ini, memberikan testimoni jika motor bebek 115cc miliknya ini ternyata sangat irit jika dibandingkan dengan motor bebek lain sekelasnya. Dan untuk membuktikannya pembaca asal Bogor yang bernama Dede Yusup ini pun melakukan serangkaian uji tes konsumsi bahan bakar.

Metode tes yang digunakan adalah dengan cara Full to Full, jadi motor di isi full lalu dipakai hingga beberapa KM, dan diisi kembali hingga full lagi, kemudian dikalkulasikan antara jarak tempuh dan jumlah angka bbm yang terpakai. Biar gak bingung kita langsung saja lihat hasil uji tesnya, tapi sebelumnya perlu diingat juga bagaimana profil sang owner, Mang Dede Yusup ini memiliki tinggi badan 165cm, dan berat badan 60k, sedangkan profil motornya adalah Yamaha Jupiter Z1 lansiran tahun 2015, untuk lebih lengkapnya simak dibawah ini :

  • Motor : Yamaha Jupiter Z1 tahun 2015
  • BBM : Pertamax biasa
  • Oli : PFT(Pertamina Fastron Techno) hijau
  • Jarak tempuh : 191,5 Km antara Jonggol dan Cilengsi Bogor
  • Riding Style : Eco dan non Eco
Oke, langkah pertama yang dilakukan oleh mang Dede Yusup adalah mengisi Full Tank motornya :



Dan kita lihat angka Km awal di odometer Speedo adalah 24474,7 km :



Dan hitungan Odometer terakhir adalah 24666,2 km :
 
Nah, jarak yang ditempuh mang Dede adalah angka odometer akhir 24666,2 km dikurangi angka odometer awal 24474,7 km hasilnya 191,5 km... Sekarang kita lihat berapa konsumsi BBM yang ditempuh selama jarak tersebutm caranya kita bisa lihat pada jumlah angka di struk BBM dari SPBU sbb :



Diketahui jika konsumsi BBM yang ditempuh sejauh 191,5 Km adalah 3,4 Liter... Apakah segini irit?
Oke, kita hitung saja angka rata-ratanya.. Caranya total jarak tempuh dibagi konsumsi bahan bakar :

 191,5 km : 3,422 liter = 55,96 Km/Liter
Coba saja saja bandingkan dengan data motor teririt yang ada di Indonesia di artikel berikut ini :


Bedanya jika motor di artikel tersebut adalah motor yang baru turun dari pabrik, sedangkan motor mang Dede ini sudah dipakai selama setahun lebih dan sudah menempuh puluhan ribu Km, hehe... Jadi, apa pemirsa masih mencari motor irit dari Yamaha Jupiter Z1? Yang lebih mahal banyak.. Ciee.. saya pantes gak ya jadi sales? hahahaha... Oke, itulah info tentang pengujian hasil tes konsumsi BBM motor Yamaha Jupiter Z1 milik pembaca blog ini, semoga berguna... Oh ya baca juga artikel lainnya :

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

kirim komentar anda disini

Harga Yamaha Vixion 2019 Termurah Rp. 26jutaan, Punya 6 Warna Baru Ada Yang Warna Kuning

Motorjipi.com - Selang beberapa lama setelah merilis Honda CB150R 2018 , PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menyambutnya...